Manfaat Menakjubkan dari Puasa

Manfaat Menakjubkan dari Puasa

Assalamu'alaikum. Hai Sob! Kali ini saya akan memberi tahu manfaat dari puasa. Allah SWT memerintahkan kita untuk berpuasa saat bulan Ramadhan. Itu juga untuk kebaikan kita sendiri. Sungguh Allah Maha Penyayang.


1. Meningkatkan Kemampuan Otak
Para ilmuan Amerika menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kemampuan otak kita. Ini dikarenakan faktor neurotropik yang mendorong tubuh untuk memproduksi banyak sel-sel otak.

2. Mengurangi Kebiasaan Buruk
Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengubah gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang buruk. Saat puasa juga kita dituntut untuk berlaku baik agar puasa yang kita jalankan tidak sia-sia karena tidak mendapat pahala.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kita tahu bahwa puasa dapat menurunkan berat badan karena kita mengubah jadwal makan kita. Kolesterol dalam darah pun akan turun, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Apalagi jika kita melakukan diet setelah bulan Ramadhan, efeknya akan terasa.

4. Mendetoksifikasi Tubuh
Puasa dapat mendetoksifikasi tubuh dari racun yang menumpuk. Selama puasa, Sobat dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan. Ketika tubuh mulai memakan cadangan lemak untuk menciptakan energi, itu akan membakar setiap racun berbahaya yang mungkin hadir dalam timbunan lemak di tubuh Sobat.

5. Menyerap Banyak Nutrisi
Selama puasa, metabolisme akan menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap dari makanan semakin besar. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon
yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dan sahur, sehingga memungkinkan otot untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

6. Mengontrol Berat Badan 
Puasa dapat mempermudah dalam hal menurunkan atau menstabilkan berat badan. Kita tidak perlu diet dengan keras. Karena cukup dengan sahur dan berbuka puasa yang tidak berlebihan.

Itu dia manfaat dari puasa, ada yang masih ragu dengan manfaat puasa?  






share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Ali Ridho, Published at Monday, July 22, 2013 and have 2 comments

2 comments:

Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Untuk kritik dan saran Anda, Contact: arilidho[at]gmail[dot]com, atau Klik Disini .
Terima Kasih