7 Cara Mencegah Penyakit Jantung

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung


1. Memperhatikan Pola Makanan Sehat  
Makanan yang kita konsumsi sebaiknya merupakan makanan yang rendah lemak atau tanpa. Makanan yang digoreng sebaiknya dikurangi. Mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang lebih aman untuk dikonsumsi. susu, keju, dan mentega sebaiknya dipilih yang rendah lemak. Jika makanan harus diolah dengan cara digoreng, minyak zaitun merupakan pilihan yang sehat untuk menggoreng. Minyak kelapa, Minyak kelapa sawit dan mentega merupakan lemak jenuh yang sebaiknya dihindari untuk menggoreng. Makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi dapat berbahaya bagi jantung, misal softdrink. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya juga dihindari, misal otak, jeroan, hati lidah, telur dan seafood.
      
    Apa saja Makanan Pencegah Jantung Koroner :

  • Apel : Apel mengandung banyak serat, pektin, dan vitamin c. Kandungan apel mampu mencegah penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol darah, dan antioksidan. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari berarti kita mendapatkan 20% serat yang diperlukan oleh tubuh.
  • Anggur Merah : Anggur Merah mengandung flavonoid yang dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol, serta mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah..
  • Bawang Putih : Bawang putuh mengandung senyawa kimia ajoene dan alicin. Senyawa-senyawa tersebut berperan mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mencegah pembentukan plak, dan mengikis sumbatan pada pembuluh darah arteri. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi bawang putih sebanyak setengah sampai satu siung setiap hari selama sebulan mampu mengurangi kadar kolesterol darah hingga 9% 
  • Wortel : Wortel mengandung beta karoten dan kalsium pektat. Senyawa-senyawa tersebut berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol, sehingga dapat membantu mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 700 gr wortel setiap hari selama tiga minggu dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebanyak 11%.
  • Kacang Tanah : Kacang Tanah mengandungg senyawa pektin, stanol ester, dan vitamin E. Senyawa-senyawa tersebut berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Mengonsumsi tempe sekitar 25 gr setiap  hari cukup dapat menurunkan kolesterol dalam darah
2. Berhenti Merokok  
Merokok merupakan kebiasaan yang sulit ditinggalkan bagi sebagian orang, padahal, kebiasaan merokok sangat membahayakan kesehatan, termasuk jantung. Setiap satu batang rokok yang dibakar akan mengeluarkan 4.000 bahan kimia, diantaranya amonia, hidrogen sianida, nitrogen oksida, formaldehid, fenol, pridin, dan metanol. Senyawa-senyawa tersebut sangat berbahaya karena meracuni tubuh. Selain itu, terdapat komponen utama dalam asap rokok yang berbahaya berupa karbon monoksida, nikotin, dan tar. Oleh karenanya, menghentikan kebiasaan merokok berperan dalam menjaga tubuh sehat, termasuk jantung sehat.

3. Menghindari Stres

Stres dapat dialami seseorang ketika dirumah atau ditempat kerja. Pada saat seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol. Hormon ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Selain itu, hormon norepinephrine juga akan diproduksi saat tubuh stres. Hormon ini akan menyebabkan naiknya tekanan darah. Gangguan terhadap pembuluh darah dan tekanan darah akan memicu timbulnya penyakit jantung.

4. Menjaga Tekanan Darah 
Hipertensi (tekanan darah tinggi) juga dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri. Selain itu, hipertensi juga memungkinkan kolesterol low density lipoprotein (LDL) memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak. Oleh karena itu, menjaga agar tubuh tidak terkena tekanan darah tinggi dapat menjaga jantung tetap sehat.

5. Menghindari Obesitas/ Kegemukan 
Kelebihan berat badan dapat meningkatkan lemak dan tekanan darah. Diet lemak jenuh dan kolesterol dapat menjadi pilihan untuk menghindari atau menangani obesitas.

6. Olahraga Teratur
Pilihan kegiatan olahraga ada bermacam-macam. Olahraga yang menjadi pilihan tidak harus mahal. Olahraga ringan, tidak bersifat kompetisi, dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung  dan melancarkan peredaran darah. Jenis olahraga yang dapat dipilh misal jalan kaki, jalan cepat, jogging atau lari

7. Mengonsumsi antioksidan 
Asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan berbagai polusi udara menimbulkan radikal bebas di dalam tubuh . Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan terbentuknya endapan pada pembuluh darah. Endapan ini mengakibatkan timbulnya penyumbatan. Kandungan radikal bebas didalam tubuh dapat dikeluarkan dengan adanya antioksidan. antioksidan berfungsi menanhkap radikal bebas dan membuangnya. Antioksidan terkandung dalam berbagai macam buah-buahan dan sayuran, misalnya wortel, brokoli, jeruk, dan jambu biji.

 sumber: http://zeftaadetya.blogspot.com/2012/06/7-tips-mencegah-penyakit-jantung.html






share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Ali Ridho, Published at Tuesday, August 07, 2012 and have 1 comments

1 comments:

Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Untuk kritik dan saran Anda, Contact: arilidho[at]gmail[dot]com, atau Klik Disini .
Terima Kasih