Cara Alami Mengatasi Penyakit Influenza

Cara Alami Mengatasi Penyakit Influenza

Ada beberapa cara sederhana dan alami untuk meredakan gangguan influenza, sehingga dapat mempercepat proses  penyembuhan.



cara mengatasi gejala pilek, flu, influenza
1. Perbanyak Istirahat

Beristirahatlah ketika pertama kali anda terserang influenza. Insyaallah hal ini dapat membantu, tubuh anda mencurahkan energi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Buang lendir hidung lebih sering
Membuang lendir hidung secara teratur ketika anda meriang dan jangan menghisapnya kembali. Dengan melakukan hal ini, hidung menjadi tidak mampet dan membantu menghilangkan kuman dari tubuh anda. 

3. Berkumur

Berkumur adalah bantuan sementara untuk melembabkan dan dapat melegakan tenggorokan yang meradang. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam. Lakukan empat kali sehari, atau berkumurlah  dengan campuran larutan perasan lemon dan madu. Larutkan satu sendok makan air perasan lemon dalam secangkir air panas (+- 50cc), lalu campur dengan satu sendok the madu. Biarkan campuran ini dingin pada suhu kamar, setelah itu berkumurlah dengannya.


4. Meminum minuman yang hangat

Minuman hangat dapat melegakan pernafasan, mencegah dehidrasi dan meredakan peradangan selaput di sepanjang hidung dan tenggorokan yang terasa tidak nyaman.


5. Makan dalam porsi secukupnya

Ketika anda terserang influenza, biasanya selera makan akan menurun. Tampaknya ini adalah bagian dari mekanisme pertahanan alami tubuh. Gejala yang ada ini sebenarnya mewakili proses penyembuhan dengan sendirinya melalui pengeluaran toksin dari dalam tubuh. Bila anda memakan banyak makanan, energy untuk proses penyembuhan alami tiadi kemudian dialihkan untuk proses penguraian makanan. Oleh Karena itu, hendaknya anda makan secukupnya saja(untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh)dan memperbanyak minum.


6. Bersauna

Sauna (mandi uap) akan melembabkan rongga hidung anda dan menjadikan anda rileks. Tindakan inhalasi atau menghirup beberapa tetes uap minyak kayu putih (atau eucalyptus)pada semangkuk air panas, juga dapat membantu proses penyembuhan. Kedua minyak aromatic tersebut mempunyai efek decongestan, yang membantu obat untuk mengurangi sumbatan atau pembengkakan pada saluran pernapasan.


7. Mengoleskan salep mentol di bawah hidung
Sedikit saja olesan salep menthol di bawah hidung anda insya allah mampu melancarkan sumbatan di hidung dan meredakan iritasi di dasar hidung. Menthol bekerja dengan menyebabkan baal sementara (mati rasa, bahasa jawa) pada jaringan tenggorokan yang membuat rasa nyeri berkurang. Menthol juga mengeluarkan aroma yang merangsang produksi lendir yang bersih dan encer, sehingga lendir lama dapat dikeluarkan dan memudahkan untuk batuk. 
8. Tidur dengan tumpukan bantal di bawah kepala

Tidur dengan cara ini membantu melegakan rongga hidung dan meringankan sakit kepala , yang kemudian dapat membuat anda bernapas dan tidur dengan lebih baik.


9. Anda dapat menyeduh satu sendok makan madu dengan seperempat sendok makan kayu manis bubuk dalam satu gelas air hangat. Minum setiap hari selama 3 hari.



sumber: http://ittaqi-tafuzi.blogspot.com/2013/01/cara-alami-mengatasi-flu-pilek-influensa.html
(diketik ulang dari Majalah Muslim Sehat  edisi 01 hal 62-64, penulis Khadijah)






share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by Ali Ridho, Published at Thursday, May 23, 2013 and have 2 comments

2 comments:

Pastikan Anda berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Untuk kritik dan saran Anda, Contact: arilidho[at]gmail[dot]com, atau Klik Disini .
Terima Kasih